(Momen Langka) Dilantik Ulang Berbarengan, Kepala Desa Tirtorahayu Menjadi Lurah

Desa Tirtorahayu 28 Januari 2020 08:41:44 Berita Desa

tirtorahayu-kulonprogo.desa.id - Kepala Desa yang baru saja dilantik ulang menjadi Lurah, Prapta Legawa mengatakan , pelaksanaan pelantikan (ulang) dan pengukuhan Kepala Desa menjadi Lurah melibatkan 87 kepala desa di Kabupaten Kulon Progo adalah sebuah momen langka karena dilaksanakan secara berbarengan di Gedung Pracimasana, Kepatihan Kantor Gubernur DIY. Senin (27/1/2020).

Pelantikan (ulang) kepala desa menjadi lurah yang dilaksanakan Bupati Kulon Progo Drs. H. Sutedjo itu, merupakan perubahan nomenklatur kelembagaan sesuai status Keistimewaan Yogyakarta, dari nama desa menjadi kalurahan. Total 87 orang terdiri dari 58 lurah dan 29 pejabat lurah.

"Saya atas nama pribadi menyambut baik dan antusias sekali dengan pelantikan kepala desa menjadi lurah yang dilaksanakan berbarengan di Gedung Pracimasana, Kepatihan Kantor Gubernur DIY. Ada sebuah kesan tersendiri ketika kepala desa dilantik langsung oleh bapaknya Bupati," kata Prapta Legawa.

Bupati Kulon Progo Drs.H.Sutedjo dalam sambutannya mengatakan penataan kelembagaan Pemerintah Kalurahan ini merupakan pelaksanaan Peraturan Daerah Istimewa (Perdais) Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 1 Tahun 2018 tentang Kelembagaan Pemerintah Daerah DIY,

“Untuk menwujudkan visi dan misi Pemerintah Daerah dan terselenggaranya urusan keistimewaan DIY, maka kelembagaan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota dan Pemerintah Desa harus selaras dengan Perangkat Daerah," jelasnya.

Selain itu, perubahan nomenklatur jabatan Kepala Desa menjadi Lurah juga terdapat perubahan tugas dan fungsi Lurah, yaitu selain tugas dan fungsi yang bersifat simetris, juga pelaksanaan tugas di bidang keistimewaan. Kelembagaan pemerintah kalurahan diselenggarakan untuk mencapai efektifitas dan efisiensi dengan memperhatikan bentuk dan susunan pemerintah istimewa.

“Pelantikan kembali Lurah ini dalam rangka penyesuaian penyebutan nama jabatan bagi Lurah dengan memasukkan konsideran, bahwa Lurah sebagai pelaksana urusan keistimewaan di bidang kelembagaan, kebudayaan, pertanahan dan tata ruang, serta mencantumkan dalam konsideran mengingat Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2012 tentang Keistimewaan DIY.,” pungkasnya.

Dalam sambutannya, Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, saat pengukuhan di Bangsal Kepatihan berpesan agar seorang lurah sebagai aktor perubahan yang tepat untuk mengaktualisasikan nilai-nilai filosofi itu dalam kehidupan nyata di lingkungan kelurahan.

“Dengan dasar filosofi Hamemayu Hayuning Bawana maka grand design kebudayaan DIY ditujukan untuk mewujudkan kesejahteraan manusia yang berkehidupan tertib dan damai,” ungkapnya.

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Wilayah Desa

Aparatur Desa

Staff Desa Staff Desa Lurah Carik Danarta Panata Laksana Sarta Pangripta Jogobyo Ulu-Ulu Kamituwa

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Sinergi Program

Informasi Pajak Kendaraan Bermotor Dan Nilai Jual Kendaraan Bermotor DIY Agregat Kependudukan Kabupaten Kulon Progo Online Pajak KPP Pratama Wates
Lowongan Pekerjaan Disnakertrans Kulon Progo Bursa Kerja SMK N 2 Pengasih

Komentar Terkini

Info Media Sosial

FacebookYouTubeInstagram

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung