Kepala Desa Tirtorahayu Menandatangani Komitmen Pembentukan Klinik Ketahanan Keluarga

Desa Tirtorahayu 13 September 2019 09:16:34 Berita Desa

tirtorahayu-kulonprogo.desa.id - Maraknya kasus perceraian  yang dalam beberapa tahun terakhir secara proporsi tertinggi di Kecamatan Galur, sungguh menjadi keprihatinan kita bersama.  Betapa tidak, selain ini sebagai potret buram ketahanan keluarga di desa kita tercinta, seakan-akan upaya pembangunan keluarga yang dilakukan pemerintah desa sia-sia atau tidak membawa hasil sama sekali.  Maka pada hari Rabu, 24 April 2019 di Desa Tirtorahayu diadakan Advokasi Klinik Ketanahan Keluarga dengan difasilitasi oleh Dinas PMD Dalduk Dan KB Kabupaten Kulon Progo.

Banyak orang yang bertanya-tanya apa itu ketahanan keluarga dan apa hubungannya dengan kasus perceraian yang terjadi di Kulon Progo. Merujuk pada Peraturan Pemerintah No 87 Tahun 2014 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga, Keluarga Berencana dan Sistem Informasi Keluarga sebagai petunjuk pelaksanaan Undang-Undang No 52 Tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga, secara konseptual, ketahanan keluarga adalah kondisi dinamik suatu keluarga yang memiliki keuletan dan ketangguhan serta mengandung kemampuan fisik materiil dan psikis mental-spiritual guna hidup mandiri dan mengembangkan diri dan keluarganya untuk hidup harmonis dalam meningkatkan kesejahteraan lahir maupun kebahagiaan batin. Sedangkan secara operasional, keluarga berketahanan adalah keluarga yang dapat melaksanakan 8 fungsi keluarga, yakni : (1) Fungsi Keagamaan, (2) Fungsi Sosial Budaya, (3) Fungsi Cinta Kasih, (4) Fungsi Melindungi, (5) Fungsi Reproduksi, (6) Fungsi Sosialisasi dan Pendidikan, (7) Fungsi ekonomi, (8) Fungsi Pembinaan Lingkungan. Keluarga itu sendiri didefinisikan sebagai unit terkecil dalam masyarakat yang terdiri dari suami istri, istri dan anaknya, atau ayah dan anaknya, atau ibu dan anaknya.
Ketahanan keluarga hanya dapat tercipta apabila keluarga yang bersangkutan dapat melaksanakan 8 fungsi keluarga secara serasi, selaras dan seimbang. Sebuah keluarga tidak akan pernah mencapai tahapan sejahtera apabila fungsi-fungsi keluarga tersebut berjalan secara timpang atau beberapa fungsi tidak dapat dilaksanakan meskipun fungsi lainnya mampu berjalan secara mantap. Sebuah contoh kecil, keluarga yang kaya secara materi yang dalam hal ini fungsi ekonomi keluarga dapat dilaksanakan secara optimal, tidak akan berarti apa-apa untuk mencapai keluarga yang bahagia dan sejahtera bila dalam keluarga tersebut tidak ada rasa kasih sayang dan perlindungan. Karena dalam keluarga yang demikian itu hubungan suami isteri akan terasa gersang, dan anak-anak tidak merasa nyaman tinggal di rumah. (https://kulonprogokab.go.id/v3/portal/index.php/web/view_berita/5058/Perlunya-Penguatan-Ketahanan-Keluarga-di-Kulon-Progo)

Untuk memperkuat komitmen dan kinerja dari Klinik Ketahanan Keluarga Desa Tirtorahayu, maka pada Rabu (11/09/2019) di Aula Adikarto Gedung Kaca Wates, Kepala Desa Tirtorahayu Prapta Legawa melakukan penandatanganan pakta integritas Klinik Ketahanan Keluarga Desa Tirtorahayu dihadapan Ptl. Bupati Kulon Progo Drs. H. Sutedjo dan Kepala Dinas PMD Dalduk Dan KB Kabupaten Kulon Progo, Sudarmanto, S.IP.,M.Si. (Rahmat)

 

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Website Desa ini :
Terbaik 1 Jumlah Penggunaan Layanan Bulan Oktober Tahun 2019

Wilayah Desa

Aparatur Desa

Kepala Desa Sekretaris Desa Kaur Perencanaan & Keuangan Kaur Umum Aparatur Desa & Aset Kasi Pemerintahan Kasi Pembanguanan & Pemberdayaan Kasi Kemasyarakatan Staff Desa Staff Desa Staff Desa

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Sinergi Program

Informasi Pajak Kendaraan Bermotor Dan Nilai Jual Kendaraan Bermotor DIY Agregat Kependudukan Kabupaten Kulon Progo Online Pajak KPP Pratama Wates
Lowongan Pekerjaan Disnakertrans Kulon Progo Bursa Kerja SMK N 2 Pengasih

Komentar Terkini

Info Media Sosial

FacebookYouTubeInstagram

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung