SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH KALURAHAN TIRTORAHAYU KAPANEWON GALUR

Artikel

MERTI DUSUN PADUKUHAN BARAHAN KALURAHAN TIRTORAHAYU

19 Maret 2023 14:19:21  Administrator  1.008 Kali Dibaca  Berita Lokal

Masyarakat Padukuhan Barahan Kalurahan Tirtorahayu,Kapanewon Galur, Kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta mengadakan Upacara Tradisional bersih dusun yang lebih di kenal dengan istilah "Merti Dusun" dengan berbagai acara dimana acara puncaknya adalah Kirab Budaya dan Pentas Seni pada hari Minggu tanggal 19 Maret 2023 dengan Tema "Guyup Rukun Nguri Uri Kabudayan Jawi kangge Nggayuh Berkahing Ilahi".

Tradisi ini merupakan wujud syukur masyarakat Barahan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala rahmat dan limpahan berkat serta rezeki. Salah satu bentuk ucapan syukur tersebut di wujudkan dengan adanya gunungan yang berisi berbagai hasil bumu, seperti sayuran dan buah-buahan yang diarak mengelilingi kampung yang nantinya akan di perebutkan oleh masyarakat.

Acara Kirab Budaya di mulai pukul 08.00 WIB. Peserta Kirab terdiri dari semua warga Barahan yang di ikuti Bapak-bapak,Ibu-ibu,remaja bahkan anak-anak kecil. Peserta Kirab Budaya mengenakan pakaian adat. Untuk 2 gunungan di pikul oleh para remaja, lalu barisan ibu-ibu mengendong bakul yang berisi hasil bumi. Anak-anak kecil tak kalah semangatnya mereka membawa pedang,kipas,dan wayang gunungan.

Kirab Budaya berjalab mengelilingi Padukuhan Barahan di mulai dari Mushola Al-Barokah kembali lagi di Mushola Al Barokah. Setelah peserta Kirab Budaya sampai di Mushola Al-Barokah, seluruh gunungan di kumpulkan menjadi satu untuk diperebutkan. Mengijak acara berikutnya adalah kembul bujana (Makan Bersama) disertai dengan Pentas Seni yaitu Gedruk.

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Sinergi Program

Aplikasi TaniKU Layanan Online Dukcapil KP
Survei Kepuasan Masyarakat

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Jl. Brosot-Wates Km. 5, Tirtorahayu, Galur, Kulon Progo
Kalurahan : Tirtorahayu
Kapanewon : Galur
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55661
Telepon :
Email : pemdes.tirtorahayu@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:213
    Kemarin:408
    Total Pengunjung:297.318
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:54.165.122.173
    Browser:Tidak ditemukan

Statistik SID