PANITIA TINGKAT DESA PENGISIAN KEANGGOTAAN BPD PERIODE 2020-2026 DILANTIK

| 07 September 2019 09:49:54 | Berita Desa | 3 Kali

tirtorahayu-kulonprogo.desa.id - Guna mensukseskan pengisian anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) periode 2020-2026, maka Pemerintah Desa Tirtorahayu Kecamatan Galur (dalam hal ini Kepala Desa Tirtorahayu) telah menetapkan Surat Keputusan dan melantik 11 orang Panitia Tingkat Desa Pengisian Keanggotaan BPD setelah melakukan Pembentukan Panitia Pengisian Keanggotaan BPD yang dilaksanakan dengan musyawarah mufakat beberapa hari yang lalu, bertempat di aula lantai 2 Balai Desa Tirtorahayu, pada Jumat malam (6/8/2019) pukul 20.00 WIB.

Panitia Pengisian Keanggotaan BPD periode 2020-2026 terdiri dari tiga orang perangkat desa, delapan orang dari elemen masyarakat dan pemuda sesuai Keputusan Kepala Desa Tirtorahayu Nomor : 34 Tahun 2019 dengan dihadiri oleh Camat Galur yang diwakili oleh Staf Kasi Pemerintahan Puji Nurhadi, Babinsa, Babhinkamtibmas, Kepala Desa beserta Perangkat Desa, anggota BPD, ketua TP PKK, perwakilan karang taruna, linmas dan tokoh masyarakat. Diawali dengan pengambilan sumpah oleh Kepala Desa kepada panitia yang akan melaksanakan tugas penjaringan dan pengisian BPD periode tahun 2020-2026.

Camat Galur yang diwakili oleh Puji Nurhadi dalam sambutannya mengucapkan selamat dan sukses kepada para panitia yang baru saja dilantik dan disumpah oleh janji jabatan, sehingga kedepannya dapat menjalankan tugas dalam proses dan tahapan-tahapan pengisian BPD secara profesional dan independen. Dengan terbentuknya Panitia Tingkat Desa Pengisian Keanggotaan BPD Desa Tirtorahayu dan dilaksanakan Pelantikan oleh Kepala Desa, maka kewajiban dari Panitia Desa adalah membentuk Panitia Pengisian Tingkat Wilayah Pemilihan.

“Di Desa telah memiliki undang-undang sendiri, yang bisa membangun diri sendiri sesuai nawa cita Presiden RI Bapak Jokowi membangun Indonesia dari pinggiran kota,” kata Puji Nurhadi.

Jadi panitia yang sudah dilantik agar dapat langsung menjalankan tugasnya, karena setelah dilantik ini ada mekanisme yang dijalankan. Selanjutnya Panitia Desa dan Panitia Wilayah melaksanakan pentahapan pengisian BPD yang sesuai hasil Musyawarah Desa (Musdes) dilaksanakan dengan Pemilihan Langsung di Wilayah Perwakilan dan Pemilihan Langsung juga untuk keterwakilan perempuan yang dilaksanakan oleh Pemilih Khusus Perempuan yang mempunyai hak pilih. Sehingga BPD yang terpilih nanti bisa bersama mengawasi jalannya roda Pemerintahan Desa, Pembangunan Desa, serta bisa bekerja sama dengan Kepala Desa untuk meningkatkan kemajuan desa.

“Selain itu juga berharap kepada Kepala Desa, agar bisa bersinergi sebaik mungkin dengan Anggota BPD yang baru nanti,” harapnya.

Kepala Desa Tirtorahayu, Prapta Legawa mengatakan dengan adanya pelantikan ini maka panitia pengisian BPD dalam menjalankan tugasnya sudah sah dan mempunyai kekuatan hukum. Kepala Desa juga berharap pada nantinya Perangkat BPD yang terpilih melalui tahapan pemilihan langsung di wilayah perwakilan dapat bersinergi dengan Desa  dalam menjalankan roda pemerintahan, sesuai dengan tujuan awal, guna membangun bersama.

“Bukan malah menjadi kontrol untuk mencari kesalahan Desa. Karena BPD dan Desa saling bersinergi untuk melakukan pembangunan,” kata Prapta Legawa.

Ia menambahkan tahapan dalam pengisian anggota BPD memiliki proses cukup panjang dengan waktu yang padat. Dengan keseluruhan tahapan tersebut nantinya terpilih orang-orang dengan kualitas yang mumpuni dalam menjalankan tugasnya sebagai Anggota BPD.

Ditemui seusai acara, ketua panitia tingkat desa pengisian keanggotaan BPD Sugeng Rohadi, M.Pd. mengatakan, setelah ditetapkan secara resmi oleh Kepala Desa Tirtorahayu, selanjutnya akan bekerja sesuai dengan susunan dan jadwal tahapan pengisian keanggotaan BPD yang telah ditetapkan oleh Kepala Desa, dan akan melakukan kegiatan secara bertahap dimasing-masing wilayah pemilihan. Tentunya tak lepas dari dukungan Panitia Wilayah, RT/RW dan masyarakat Desa Tirtorahayu, ucapnya. (Rahmat)

Unduh : Tahapan Pengisian BPD Serentak Kabupaten Kulon Progo

Editor : Lilih Kurniati, S.IP (Kasi. Pemerintahan Kecamatan Galur)

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Wilayah Desa

Aparatur Desa

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Jl. Brosot-Wates Km. 5, Tirtorahayu, Galur, Kulon Progo
Desa : Tirtorahayu
Kecamatan : Galur
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55661
Telepon : 087739102434
Email : pemdes.tirtorahayu@gmail.com

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung