You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Kalurahan Tirtorahayu

Kap. Galur, Kab. Kulon Progo, Prov. DI Yogyakarta
Info

BID PROPAM POLDA DIY Kontrol Posko PPKM Mikro Covid 19 Kalurahan Tirtorahayu


BID PROPAM POLDA DIY Kontrol Posko PPKM Mikro Covid 19 Kalurahan Tirtorahayu

Tirtorahayu - BID PROPAM POLDA DIY melaksanakan sambang ke Posko PPKM Mikro Covid 19 Kalurahan Tirtorahayu yang berada di Balai Kalurahan setempat sekaligus cek perkembangan Covid 19 serta penanggulangannya, Rabu (24/02/2021).

Tim Bid Propam Polda DIY bersama Satgas Covid 19 KalurahanPosko di tingkat Kalurahan diperlukan sebagai sarana dalam upaya pengendalian pandemi Covid-19 agar lebih tepat sasaran di tingkat mikro.

“Posko sebagai pusat perencanaan, koordinasi, pengendalian, dan evaluasi kegiatan penanganan Covid-19 dalam skala mikro, dilaksanakan dengan pendekatan kesepakatan, komunitas, gotong royong, kompak, dan adaptif,” demikian disampaikan AKP Satrio

Dalam kesempatan tersebut AKP Satrio menjelaskan bahwa posko penanganan Covid-19 ditingkat Kalurahan ini memiliki empat aspek penting, yakni pencegahan, penanganan, pembinaan, dan pendukung. Aspek pencegahan terdiri dari sosialisasi, penerapan 3M, serta pembatasan mobilitas. Aspek penanganan mengimplementasikan 3T, yaitu testing, tracing, dan treatment hingga penanganan dampak ekonomi lewat bantuan langsung tunai (BLT) desa

“Aspek pembinaan berupa upaya penegakan disiplin dan pemberian sanksi. Lalu, aspek pendukung yang terdiri pencatatan dan pelaporan, dukungan komunikasi, serta logistik,” Jelasnya

Lebih lanjut diterangkan bahwa pembentukan posko di Kalurahan tersebut dipimpin oleh Lurah di mana salah satu tugasnya adalah menilai status zona wilayah Kalurahan.

“Dari penentuan zonasi, maka Bapak Lurah dapat menentukan tindakan pengendalian yang sesuai. Kriteria zonasi terdiri dari zona hijau, kuning, oranye, dan merah,” terangnya.

Selain itu, pimpinan posko juga memiliki tugas, yaitu menentukan struktur dan sumber daya manusia (SDM).

“Beberapa SDM yang terlibat di posko Kalurahan ini di antaranya, Bhabinkamtibmas,Babinsa tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda, penyuluh, pendamping, tenaga kesehatan, relawan, PKK, dan karang taruna.” Pungkasnya. (rh.)

Bagikan artikel ini: